Kenapa Clodi bocor?

cara mengatasi clodi bocorMengapa Clodi bocor / rembes? katanya bisa tahan 4 jam, koq dipakai 2 jam uda basah..? mungkin ini salah satu pertanyaan yang sering diajukan kepada saya dari Bunda yang “baru” menggunakan clodi. Satu hal PENTING yang SAYA TEKANKAN , yang sering juga menjadi SALAH PERSEPSI, adalah bahwa CLODI TIDAK SAMA DENGAN PAMPERS, yang bisa digunakan semalaman tanpa bocor. Clodi sesuai namanya Cloth Diaper, adalah diaper yang terbuat dari kain, yang namanya kain pasti bisa basah toh. Merk clodi semahal apapun, dengan bahan yang paling waterproof, pasti ada daya tampung maksimal, akan basah jika dipakai terlalu lama.

MENGAPA CLODI BOCOR ?

Penyebab clodi bocor beda2 lho bund, letak kebocoran juga bisa bisa di bagian depan/ belakang /sisi kaki (selangkangan). Berikut ini beberapa hal yang bisa bikin clodi cepat basah:

  • Clodi tidak di pre-wash dulu, atau kurang pre-wash nya. biasanya karena pengen buru-buru pakai. clodi hanya dicuci sekali. Ini yang bisa menyebabkan insert tidak bisa bekerja /menyerap dengan sempurna. Tujuan prewash ini adalah untuk membuang zat-zat / kotoran yang menempel saat produksi clodi tersebut. Selain itu, prewash dapat memaksimalkan fungsi insert/soaker untuk menyerap dan menampung pipis.
  • Insert sudah penuh. Setiap bahan insert memiliki daya tampung/kapasitas yang berbeda-beda. Misalnya jika volume pipis sedang banyak, walaupun baru dipakai 1-2jam, tapi karena insert sudah full, maka pasti akan rembes.
  • Posisi clodi tidak benar/tidak pas/longgar. Jika rembes dibagian depan/ belakang, pastikan bahwa insert tidak tertarik ke belakang. apalagi sampai nyembul keluar, ruang- di kantong harus penuh terisi insert, jika tidak maka cairan pipis sebagian tidak akan terserap oleh insert. Jika basah dibagian sisi kaki (samping/selangkangan), bisa dikarenakan insert sudah penuh, atau clodi tidak fit/pas/longgar dibagian pahannya, coba diset kancing/pengaturan size pada sisi depan clodi, lalu tarik dan rapatkan karet elastic clodi pada pahanya.
  • Clodi menolak air (repelling) karena beberapa sebab seperti sisa sabun cuci clodi, cairan pelembut/pemutih/detergent yang tidak aman untuk clodi, air cuci kurang bersih (mengandung lumpur, besi, ph tinggi), terkena lotion / cream (yang mengandung minyak).  Karena ittu disarankan secara berkala melakukan stripping clodi supaya performa clodi/insert bisa maksimal kembali.
  • Clodi RUSAK. bagian cover clodi yang terbuat dari bahan PUL bisa menyebakan bocor jika lapisan tersebut pecah/berlubang walaupun sedikiiit saja. Karena itu clodi tidak boleh disetrika, karena sangat rentan terhadap panas.
  • Kualitas Clodi, klo yang ini no comment deh.. ada harga tentu ada kualitas^_^

CARA MENGATASI CLODI BOCOR:

  • Lakukan prewash dengan benar, minimal 3x, semakin sering dibilas semakin baik. beberapa bahan seperti bamboo malah perlu dibilas hingga 7x supaya daya serapnya bisa bekerja
  • Setiap mencuci clodi, disarankan menggunakan sabun cuci yang aman dan di rekomendasikan oleh pabrikan clodi. Pada umumnya bebas pemutih, bebas pelembut sehingga performa clodi akan tetap terjaga.
  • Clodi harus dipasang dengan benar, tidak longgar, insert juga jangan sampai tertarik / terlipat.
  • Jangan dipakai terlalu lama, selain demi kenyamanan sikecil, karena clodi ada daya tampung maximal juga, jangan nunggu basah baru ganti.
  • Lakukan proses striping secara berkala
  • Pilih clodi yang pas/fit di badan bayi. Tidak selalu setiap merek bisa cocok pada setiap bayi. Jika memang memiliki dana lebih, bunda bisa membeli clodi kelas premium, dimana tentu kualitas bahannya lebih baik. Insert yang lebih mahal tentu bisa menampung pipis lebih banyak / tidak cepat penuh.

 

, ,

Powered by WordPress. Designed by WooThemes