Cara pakai clodi dan tips clodi sehat

Sangat penting sekali untuk mengetahui cara pakai clodi yang benar demi kenyamanan dan kesehatan bayi Anda.

Artikel clodi kali ini saya buat karena ketika “ngember” jualan offline saya lupa ga jelasin cara pakai clodi nya, akibatnya besoknya banyak yang nelpon, bingung dan nanya cara pakai clodi gimana sih, ada yang sudah pakai clodinya tapi koq bocor kebelakang/punggung, ada yang kelonggaran pinggangnya dll.. duuhh… maafin ya Bunda.. ini jadi PR dan pengalaman buat saya bahwa ternyata masih sangat banyak saudara kita yang sangat AWAM tentang clodi.

Clodi ztwo menggunakan sistem snap yang bisa diatur untuk ukuran S, M, L dengan mengancingkan snap bagian bawahnya, dan bagian pinggang untuk menyesuaikan ukuran perut/pinggang si kecil. Biar lebih jelas saya berikan gambarnya, klik gambar untuk melihat ukuran yang lebih besar..

cara pakai clodi

cara pakai clodi ztwoHasilnya adalah seperti gambar disebelah kanan ———–>

Silahkan Bunda mencoba ukuran mana yang sesuai dengan sikecil, lihat apakah sikecil merasa nyaman, bebas bergerak, dan coba buka setelah 30menit – 1jam pemakaian, apakah ada bekas-bekas pakai yang jelas sekali, jika ada, apalagi sampai merah2 berarti Bunda terlalu kencang pakein clodinya.

Perlu pakai satu atau dua insert sih?

Acuan dasarnya sih liat umur si kecil, jika masih satu tahun kebawah, biasanya dengan pakai 1 insert juga cukup untuk penggunaan normal , bisa juga dengan mengamati frekuensi pipisnya. Meskipun sudah 2 thn lebih jika pipisnya sedikit, atau si kecil aktif banyak bergerak (biasanya keringat lebih banyak) maka cukup pakai 1 insert saja sudah cukup.

Ada anak yang merasa tidak nyaman memakain 2 insert, karena mungkin merasa lebih tebal/berat. Ini bisa disiasati dengan memperpendek durasi pemakaian. MIsalnya karena musim hujan, yang biasanya 1 insert cukup 4 jam, ini 2 jam saja sudah nampak penuh, maka daripada sekaligus pakai 2 insert, pakai saja satu satu dengan durasi pemakaian masing2 selama 2jam, adapun clodinya tetap pakai clodi yang sama.

Secara kesehatan saya lihat sih tidak ada efek apa2, selama durasi pemakaian 1 clodi maximal adalah tetap 4-5jam. Malah mungkin lebih sehat ya karena waktu pakai clodinya lebih pendek, setiap 2 jam bisa “istirahat”. MOHON DIKOREKSI JIKA PENDAPAT SaYa INI SALAH ya..:)

Tips Sehat – Cara Pakai Clodi

  • 4-5 Jam adalah waktu yg di sarankan – janganlah memakaikan clodi dengan batas waktu yg berlebihan karena bisa mengakibatkan bayi merasa tidak nyaman dan juga menimbulkan kemerahan pada kulit bayi.
  • Berikan “masa istirahat” untuk pergantian clodi sekitar 10-30 menit ,dan selanjutnya baru ganti dengan Clodi yang baru dan Bersih, agar senantiasa sehat kulitnya.
  • Apabila bayi Buang Air Besar (BAB) segera ganti dengan clodi baru, jangan sampai menunggu lama. karena kotoran yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi bisa menyebabkan ruam / kemerahan karena mengandung kuman.
  • Apabila terlanjur lama memakai clodi, maka sebaiknya kulit bayi dibersihkan dengan air hangat dan lap dengan tisu / kain lap lembut hingga kering, lalu berikan baby cream atau bedak bayi pada kulit agar segar kembali kulitnya. Istirahatkan 30 menit (pakaikan celana biasa jangan dibiarin telanjang ya), selanjutnya gunakan lagi Clodi yang baru dan bersih.

.Nah, demikian sedikit tips cara pakai clodi dari clodiceria, semoga bermanfaat dan mudah-mudahan bayi kita selalu sehat. Merawat anak adalah SENI, jadi jangan bosan mencoba dan mencari informasi ya Bunda. ^_^

, ,

Powered by WordPress. Designed by WooThemes